Senin, 31 Maret 2014

0 Mengatasi Rasa Ngantuk Berlebihan

suka mengantuk

Mengobati Rasa Kantuk

Tanya: Assalamu’alaikum, Maaf saya ingin bertanya. Dari hari kmarin saya merasakan ngantuk yg amat sangat sepanjang hari. kondisi saya memang sedang kurng sehat, perut sy mual dn kepala pusing. jd malam sy justru sulit tidur walaupun ngantuk. bagaimana ya ustadz?
Trimakasih
Dari Astri via Tanya Ustadz for Android
Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.
Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.
Normalnya tubuh memiliki mekanisme biologis tersendiri yang mengatur siklus tidur dan bangun secara teratur setiap harinya. Mekanisme ini pula yang menyebabkan kita mudah mengantuk di malam hari dan lebih banyak terjaga di siang harinya. Jika keseimbangan mekanisme ini terganggu oleh suatu sebab, maka siklus tidur dan bangun kitapun sedikit banyak akan terpengaruh.
Pada kondisi yang Saudara keluhkan, jika memang faktor utama yang diduga menyebabkan kantuk di siang hari adalah kesulitan untuk tidur di malam hari, maka penanganan pertamanya adalah mengobati sebab sulitnya tidur di malam hari tersebut. Jika itu dipicu oleh keluhan kesehatan seperti mual, pusing, dsb, atau gangguan psikologis/emosional seperti stres berlebih, kecemasan berlebih, dsb, maka gangguan-gangguan tersebut yang harus diatasi terlebih dahulu untuk memulihkan kembali siklus tidur dan bangun seperti sedia kala. Rasa kantuk yang berat di siang hari menunjukkan kompensasi kurangnya tidur malam, sekaligus kelelahan tubuh yang mengindikasikan perlunya istirahat yang cukup.
Saran kami, hendaknya Saudara memeriksakan diri terlebih dulu ke dokter untuk mengetahui penyebab gangguan kesehatan yang Saudara alami, kemudian mencari terapi yang sesuai. Disamping itu, Saudara juga dapat membaca do’a-do’a untuk meruqyah diri sendiri sebagai upaya penyembuhan. Jika memungkinkan, disamping upaya pengobatan tersebut, luangkan waktu sehari atau dua hari untuk lebih banyak beristirahat dan relaksasi sehingga kebutuhan istirahat tubuh terpenuhi dan tubuh dapat kembali segar dan siap untuk beraktivitas.
sumber. http://www.konsultasisyariah.com

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?