Selasa, 24 Juni 2014

0 Awas, Jangan Konsumsi Ini Setelah Minum Obat!



Ada beberapa jenis obat yang sebaiknya tak dikonsumsi berdekatan waktunya dengan jenis minuman atau makanan tertentu. Mengapa? Sebab dikhawatirkan kandungan zat yang ada di dalamnya malah akan menimbulkan reaksi berbahaya, dan beracun. Hal itu ditegaskan oleh Jen Wolfe, Pharm.D, seorang Konsultan Apoteker Farmasi.
Makanan dan minuman apa saja yang berbahaya bila dipadukan dengan obat tertentu? Ini diantaranya seperti dilansir oleh laman Menshealth:
  • Obat batuk dan jeruk
Buah jeruk memang menyehatkan, namun bila Anda sedang sakit dan harus mengonsumsi obat batuk, sebaiknya hindari dulu buah yang satu ini. Bahkan dikatakan bahwa efek jus jeruk dapat menjadi buruk bila dikonsumsi bersama dengan 50 jenis obat termasuk obat tekanan darah tinggi, statin. Ia akan meningkatkan efek samping obat, menyebabkan halusinasi, kerusakan otot, serta rasa ngantuk berlebihan.
  • Antibiotik dan susu
Minum susu setelah konsumsi obat sudah lama dilarang, sebab dapat mengganggu proses penyerapan obat oleh tubuh. Termasuk pada obat jenis antibiotik Cipro, tetra, dan fluoroquinolones, yang berakibat efektifitas melawan infeksi jadi menurun.
  • Antidepresan dan daging
Jika Anda rutin mengonsumsi jenis obat antidepresan, maka hindari daging dalam rentang beberapa jam. Terutama obat yang termasuk monoamine oxidase inhibitor atau MAOIs-merek Marplan, Nardil, Emsam, atau Parnate.
  • Obat alergi dan apel
Obat untuk alergi sebaiknya tak dikonsumsi bersamaan dengan buah apel atau jus apel sebab dapat menghambat penyerapannya. 4 jam usai minum obat tersebut, baru Anda boleh kembali menikmati buah tersebut.
  • Warfarin dan kayu manis
Kombinasi kedua zat ini dapat memicu kerusakan lever atau hati.

sumber. http://sidomi.com

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?