Selasa, 24 Juni 2014

0 Kopi Dapat Mencegah Kerusakan Mata


Kopi memiliki manfaat positif untuk kesehatan mata. Studi terbaru yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa minum secangkir kopi setiap hari dapat menjaga mata dari kebutaan dan kerusakan dalam penglihatan yang disebabkan dari degenerasi retina. Demikian informasi yang dilansir laman Times of India.
Degenerasi retina bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa di antaranya adalah glaukoma, penuaan, dan diabetes. Faktor tersebut memengaruhi retina dalam menurunkan fungsinya. Di samping itu, retina menjadi lebih rentan mengalami kerusakan. Padahal, dalam retina tersimpan jutaan sel yang peka cahaya sel pendukung lainnya. Dari retina, informasi visual diterima dari lingkungan dan kemudian diatur.
Sementara itu hubungannya dengan kopi, ada senyawa kopi yang memengaruhi kesehatan retina. Namanya adalah asam chlorogenic. Zat ini terkandung sekitar 7-9 persen di dalam kopi mentah. Asam chlorogenic adalah bentuk antioksidan yang sifatnya cukup kuat. Percobaan yang dilakukan pada tikus menunjukkan, antioksidan tersebut mencegah retina mengalami stres oksidatif.
“Kopi adalah minuman paling populer di dunia, dan kita memahami apa manfaat yang bisa kita dapatkan dari itu,” Chang Y. Lee, profesor ilmu makanan yang juga penulis senior studi.
Retina termasuk salah satu jaringan paling aktif secara metabolik. Bagian tubuh ini memerlukan asupan oksigen yang cukup tinggi dalam bekerja. Radikal bebas bisa menurunkan kemampuan sel retina dan menghambat fungsinya. Asupan antioksidan dalam kopi bisa menjaga sel-sel retina dari pengaruh buruk radikal bebas.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?