Selasa, 24 Juni 2014

0 Ciri Bila Tubuh Alami Kurang Cairan

dehidrasi
Kurang cairan dapat berakibat fatal bagi kondisi kesehatan seseorang. Jika sampai terjadi dehidrasi, maka seseorang bisa mengalami masalah pada ginjal, peningkatan kolesterol, penuaan dini, persendian sakit, atau lainnya.
Karena itu Anda harus berusaha untuk tidak sampai kekurangan cairan dengan cara meminum air sesuai dengan kebutuhan tubuh, yaitu 8 gelas per hari. Tak perlu menunggu haus dulu untuk punya alasan minum, namun hitunglah asupan cairan Anda pada hari ini, sudah cukup atau belum.
Ada beberapa ciri yang ditunjukkan oleh tubuh bila Anda mengalami gejala dehidrasi, lho. Apa saja? Simak berikut ini:
  • Pusing
Kekurangan cairan akan menyebabkan kondisi prosentase zat kimia dalam darah Anda tak seimbang, kadar garam (sodium dan potasium) menurun akibat menguapnya cairan, dan itu berpengaruh pada otak. Hasilnya Anda akan merasa pusing. Ini juga disebabkan volume darah berkurang hingga pasokan oksigen ke otak berkurang.
  • Urine menjadi pekat
Ciri lain dari dehidrasi adalah warna urine Anda menjadi lebih pekat. Kotoran makin banyak yang tertimbun dalam tubuh, dan tak bisa dikeluarkan atau dibersihkan secara maksimal karena pasokan iar kurang.
  • Sembelit
Sembelit atau susah buang air besar bisa juga diakibatkan Anda kekurangan cairan. Zat cair membantu proses pengeluaran kotoran dari dalam tubuh. Saat Anda kurang minum, maka bentuk feses Anda akan lebih padat dan sulit dikeluarkan. Nah, apabila Anda mengalami sembelit, cobalah minum lebih banyak air dari biasanya.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?